s -- Direktorat Jenderal Kelautan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil, Kementerian Kelautan dan Perikanan --
Kegiatan Fasilitasi Rehabilitasi dan Peningkatan Kualitas Lingkungan Pulau-Pulau Kecil di Pulau Nangka Kab. Bangka Tengah, Prov. Bangka Belitung
26-06-2014 , Oleh : administrator, Pembaca : 299 Orang

Sebagai salah satu wujud konsentrasi Direktorat Pendayagunaan Pulau-Pulau Kecil (Dit. PPK) Ditjen Kelautan, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil, Kementerian Kelautan dan Perikanan di bidang pengelolaan ekosistem, pada tanggal 13-14 Mei 2014 telah dilaksanakan Kegiatan Fasilitasi Rehabilitasi dan Peningkatan Kualitas Lingkungan Pulau-Pulau Kecil di Pulau Nangka Kab. Bangka Tengah, Prov. Bangka Belitung.

Kegiatan dibuka secara resmi pada tanggal 13 Mei 2014 oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan yang dalam hal…Selengkapnya

ACARA BEDAH BUKU ENSIKLOPEDIA POPULER PULAU-PULAU KECIL DI PROVINSI SULAWESI TENGGAH
19-01-2014 , Oleh : administrator, Pembaca : 556 Orang

Palu, Serangkaian dengan penyelenggaraan acara puncak Hari Nusantara Tahun 2013 di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, Kementerian Kelautan dan Perikanan cq. Direktorat Jenderal Kelautan, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil menyelenggarakan Acara Peluncuran dan Diskudi Bedah Buku Ensiklopedia Populer Pulau-Pulau Kecil edisi Provinsi Sulawesi Tengah. Acara bedah buku ini merupakan bagian dari acara seminar Internasional Agribisnis dan Kelautan yang dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 13-14 Desember 2013 yang dilaksanakan di…Selengkapnya

PULAU MARATUA, Surganya Para Penyelam Dunia
25-07-2013 , Oleh : Administrator, Pembaca : 1552 Orang

Pulau Maratua terletak di Laut Sulawesi dan secara administratif berada di Kecamatan Maratua, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Pulau dengan luas daratan 384,36 km2 ini juga termasuk kedalam salah satu pulau-pulau kecil terluar di Indonesia dan berbatasan dengan Negara Malaysia. Jumlah penduduk pada tahun 2004 sebesar 2.818 jiwa, sebagian besar penduduk berasal dari Suku Bajau, dengan mayoritas beragama Islam. Ekosistem daratan dan bawah lautnya sudah tidak diragukan lagi, terbukti…Selengkapnya

KKP UI Kerjasama Kelola Pulau Kecil Terluar
17-01-2014 , Oleh : Nisaul Makhmudah, Pembaca : 580 Orang

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kerjasama dengan Universitas Indonesia (UI) dalam pengelolaan pulau pulau kecil terluar untuk mendukung program adopsi pulau. Pulau yang dipilih dalam kerjasama tersebut adalah Pulau Larat Kabupaten Maluku Tenggara Barat Propinsi Maluku.

“Pulau Larat adalah salah satu dari 92 pulau kecil terluar yang berpenduduk dan berbatasan langsung dengan Australia,” kata Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo di Jakarta, Kamis,…Selengkapnya

Festival Nusakambangan dan Segara Anakan
02-07-2013 , Oleh : Administrator, Pembaca : 1405 Orang

Festival Nusakambangan dan Segara Anakan sebagai salah satu bentuk kampanye penyelamatan lingkungan. Festival akan digelar pada 21-25 Agustus 2013. Berbagai kegiatan akan digelar dalam festival tersebut, diantaranya:
1. Opening Ceremony
2. Seminar Kelautan Nasional
3. Pemecahan Rekor MURI Kerupuk Tenggiri Terbesar
4. Parade Budaya Kelautan
5. Tour Segara Anakan & Nusakambangan
6. Lomba Perahu Hias
7. Lomba Dayung & Mancing
8.…Selengkapnya

Festival Gura Ici 2013
17-06-2013 , Oleh : Administrator, Pembaca : 426 Orang

Pemerintah Provinsi Maluku Utara  akan menggelar Festival Gura Ici 2013 di Kayoa, Kepulauan Gura Ici , Halmahera Selatan, pada 26-28 Juni 2013 untuk mempromosikan wisata bahari di wilayah itu dengan mengangkat tema ’Pengembangan Pariwisata Berwawasan Lingkungan Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Desa’ itu diharapkan mampu mempromosikan wisata bahari dan seni budaya yang ada di Maluku Utara, khususnya di Kepulauan Gura Ici.

Gubernur Maluku Utara Drs H Thaib Armaiyn…Selengkapnya

Temu Bisnis Investasi di Pulau-Pulau Kecil
15-06-2013 , Oleh : Administrator, Pembaca : 386 Orang

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendayagunaan Pulau-Pulau Kecil, Kementerian Kelautan dan Perikanan pada Kamis (13/6/2013) selama dua hari bertempat di Hotel Mercure Ancol Jakarta bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tekhnis para penyelenggara promosi dan Investasi Daerah, sekaligus sebagai ajang untuk mengenalkan potensi dan peluang bisnis investasi di pulau-pulau kecil kepada para investor.

Bimbingan Teknis "Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis (GIS) untuk Pemetaan Sumberdaya Pulau-Pulau Kecil"
23-04-2013 , Oleh : Administrator, Pembaca : 1048 Orang

Bimtek "Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis (GIS) untuk Pemetaan Sumberdaya Pulau-Pulau Kecil" yang diselenggarakan oleh Pusat Pemanfaatan Teknologi Dirgantara-LAPAN bekerjasama dengan Direktorat Pendayagunaan Pulau-Pulau Kecil, Ditjen KP3K, Kementerian Kelautan dan Perikanan berlangsung dari tanggal 15-19 April  2013 di Hotel Puri Mega, Jakarta.

Bimtek ini diikuti oleh utusan berbagai instansi pemerintah baik pusat maupun daerah, yang memanfaatkan citra satelit sebagai salah pendukung tugas dan…Selengkapnya

Pameran Investasi Pulau-Pulau Kecil, Pesisir dan Travel Mart Expo 2013
22-04-2013 , Oleh : Administrator, Pembaca : 1118 Orang

Peran swasta dalam membangun wilayah Indonesia khususnya pulau-pulau kecil sangat diharapkan kontribusinya. Pulau-pulau kecil memiiki potensi sumberdaya perikanan, budidaya laut, terumbu karang, dan sangat cocok untuk semua pengembangan wisata bahari.

Indonesia Butuh Peta Kartografi Lengkap
22-04-2013 , Oleh : Administrator, Pembaca : 982 Orang

Penting bagi Indonesia memiliki peta kartografi yang kredibel dan secara mendetil mencantumkan semua nama pulau Indonesia.

"Pekerjaan rumah pertama bagi KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) adalah membuat peta kartografi yang kredibel serta mencantumkan secara persis di mana pulau-pulau Indonesia berada," kata pakar lingkungan hidup Emil Salim dalam diskusi Pendayagunaan Pulau-Pulau Kecil di KKP, Jakarta, Kamis (31/1).

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden itu menyatakan negara-negara…Selengkapnya

Info Direktorat PPK

MoU