MENU

Lihat Informasi:

KOMENTAR

Bintanah

Nama Lain :
Propinsi : SUMATERA UTARA
Kabupaten : KABUPATEN NIAS
Kecamatan :
Koordinat :

Gambaran Umum

Pulau Bintanah secara geografis terletak pada titik koordinat pulau 01°28'37" LU dan 98°10'41" BT. Pulau ini secara administratif masih menjadi perdebatan antara Kabupaten Nias dan Kabupaten Tapanuli Tengah.
Berdasarkan hasil survey toponim pulau tahun 2006 dan hasil verifikasi Tim Nasional Pembakuan Nama Rupabumi tahun 2007 Pulau Bintanah tidak mengalami perubahan nama.
Topografi pulau ini secara umum berupa hamparan pasir putih yang dikelilingi oleh hamparan karang. Letak pulau cukup jauh dari daratan Sumatera sehingga akses menuju pulau ini cukup sulit. Perairan di sekitar pulau kaya akan ikan karang dan merupakan tempat memancing nelayan dari Sibolga dan Tapanuli Tengah. Vegetasi yang tumbuh antara lain kelapa, mangrove, pandan laut, rumput laut dan semak. Di depan pulau terdapat mercusuar yang telah padam dan saat ini sudah tidak difungsikan lagi. Pulau ini merupakan pulau yang tidak berpenduduk.

 

 

 

 

 

 


Kependudukan, Sosial Budaya dan Kelembagaan


Ekosistem dan Sumberdaya Hayati


Sumberdaya Non Hayati


Aktivitas Pengelolaan Sumberdaya


Lingkungan


Sarana dan Prasarana


Peluang Investasi


Potensi dan Arahan Pengembangan


Kendala Pengembangan


Referensi



Karena keterbatasan SDM dalam penginputan dan pengolahan data, kami mohon maaf atas ketidak lengkapan beberapa data pulau yang kami tampilkan, harap dimaklumi. Berikan keritik dan saran pada kolom komentar agar kita dapat bersama menyajikan sebuah data yang cukup sempurna untuk halayak ramai yang berguna demi kesejahterahan, kelestarian dan keindahan pulau-pulau kecil yang dimiliki Indonesia.
*Jika sekiranya anda memiliki data yang cukup banyak, silakan mengirimkan file melalui email kami di identifikasippk@gmail.com