MENU

Lihat Informasi:

KOMENTAR

WETAR

Nama Lain :
Propinsi : MALUKU
Kabupaten : KABUPATEN MALUKU BARAT DAYA
Kecamatan : WETAR
Koordinat :

7° 48' 19.000" LS 126° 15' 58.000" BT


Gambaran Umum

Inilah salah satu pulau terdepan Nusantara yang berada di wilayah Laut Banda. Pulau seluas 2.622,35 kilometer persegi ini termasuk administrasi Kecamatan Wetar, Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku. Selain Wetar, kecamatan dengan 23 desaq ini memiliki pulau kecil lain, seperti Babi, Lirang/Liran, dan Redong.

Wetar yang menjadi teras negara dengan Republik Demokratik Timor Leste berada di antara perairan Banda (batas Utara), Selat Wetar dan Pulau Timor (Selatan), dan Pulau Flores di bagian Barat. Secara spesifik, Wetar berada di 7° 48′ 19″ LS, 126° 15′ 58″ BT.

Untuk mencapai pulau, kita harus menumpang KM Pangrango, kapal perintis milik Pelni yang memiliki rute Kupang-Ilwaki-Kisar-Leti-Tepa-Saumlaki-Ambon (pergi-pulang). Pilihan moda transportasi udara dapat ditempuh melalui Ambon menuju Saumlaki selama sekitar 2 jam. Dari Saumlaki perjalanan melalui laut menuju Ilwaki dengan waktu tempuh kurang lebih 20 jam. Pesawat udara Ambon - Saumlaki beroperasi dua kali dalam satu minggu. Pilihan lainnya, bertolak dari Kupang, Nusa Tenggara Timur, kita memilih rute Atambua - Kisar dengan jalur udara. Penerbangan perintis ini beroperasi satu kali dalam seminggu.


Kependudukan, Sosial Budaya dan Kelembagaan

Sensus penduduk 2010 menunjuk jumlah penduduk pulau sebesar 7.937 jiwa. Sebagian besar penduduk memiliki mata pencaharian sebagai nelayan, petani, pedagang, PNS dan TNI.


Ekosistem dan Sumberdaya Hayati

Di Wetar telah terbangun sejumlah fasilitas, seperti bangunan sekolah (SD-SMP-SMA), kesehatan (puskesmas), dan jalan penghubung serta dermaga kapal. Perusahaan Daerah Air Minum telah melayani air bersih dan sumber sir yang ada digunakan untuk kepentingan bersama. Sementara itu, kebutuhan listrik masih menggunakan generator diesel. Komunikasi yang ada hanya mengandalkan gelombang SSB (yang menjangkau seluruh desa di Wetar) dan GSM (hanya radius sekitar 100 meter di Ilwaki - Ibukota Kecamatan.

Di wilayah pesisir terdapat mangrove sebanyak 15 spesies yang tergolong dalam 15 genera dan 12 famili. ekosistem mangrove dapat dijumpai di bagian selatan, tenggara dan barat. Keragaman jenis mangrove yang paling tinggi dapat ditemukan di pesisir barat (14 jenis), sementara itu di bagian tenggara hanya memiliki tujuh spesies.

Spesies Mangrove yang menyebar di wilayah ekologis pesisir Pulau Wetar yaitu Senneratia alba, Baringtonia asiatica, Hibiscus tiliaceus, Nypa fructicans dan Acanthus licifolius. Para peneliti telah menemukan kesamaan spesies mangrove yang ada di Nusa Tenggara dan Timor Leste. Sementara itu, kesamaan spesies antara pesisir Pulau Wetar dengan Pulau Yamdena sebesar 80%.

di perairan dangkal, lumun ditemukan sebanyak tujuh jenis dan merupakan 63,6% dari kekayaan spesies lamun di perairan pesisir Maluku. Wetar memiliki ekosistem terumbu karang yang menyebar hampir merata di seluruh bagian pulau. Panjang terumbu karang cukup menonjol di perairan pesisir selatan dan utara. Beberapa jenis ikan dapat dijumpai antara lain ikan kembung, Acanthurus, kerapu, tuna dan ikan ekor kuning.


Sumberdaya Non Hayati


Aktivitas Pengelolaan Sumberdaya


Lingkungan


Sarana dan Prasarana


Peluang Investasi


Potensi dan Arahan Pengembangan


Kendala Pengembangan


Referensi



Karena keterbatasan SDM dalam penginputan dan pengolahan data, kami mohon maaf atas ketidak lengkapan beberapa data pulau yang kami tampilkan, harap dimaklumi. Berikan keritik dan saran pada kolom komentar agar kita dapat bersama menyajikan sebuah data yang cukup sempurna untuk halayak ramai yang berguna demi kesejahterahan, kelestarian dan keindahan pulau-pulau kecil yang dimiliki Indonesia.
*Jika sekiranya anda memiliki data yang cukup banyak, silakan mengirimkan file melalui email kami di identifikasippk@gmail.com