MENU

Lihat Informasi:

KOMENTAR

Panjang

Nama Lain :
Propinsi : KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
Kabupaten : KABUPATEN BANGKA BARAT
Kecamatan : Pangkalan Baru
Koordinat :

Gambaran Umum

Secara geografis Pulau Panjang terletak diantara 2? 09’ 14” LS dan 106? 16’ 24” BT. Sedangkan secara administrasi, Pulau Panjang terletak di Desa Tanjung Gunung, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung.

Berdasarkan topografinya, Pulau Panjang termasuk pulau yang landai dengan tingkat kemiringan rata-rata kurang dari 30% dan berada pada ketinggian dibawah 500 m sehingga masuk dalam kategori dataran rendah.

Pulau Panjang terletak berseberangan dengan Pulau Semujur. Baik Luasan daratan maupun hamparan terumbu karang Pulau Panjang lebih besar daripada Pulau Semujur. Lokasi pengamatan di Pulau Panjang berada di bagian barat dan utara. Bagian barat dan utara Pulau Panjang pengambilan data transek di kedalaman 4 meter dikarenakan profil terumbu karang yang ditemukan pada bagian timur hanya berkisar dari 1–8 meter di bawah permukaan air.

 


Kependudukan, Sosial Budaya dan Kelembagaan

Dahulu Pulau Panjang berpenduduk, namun karena nyamuk agast yang teramat banyak maka pulau tersebut ditinggalkan. Masyarakat yang awalnya menempati Pulau Panjang berpindah tempat ke Pulau Semujur. Pulau Panjang masih sering disinggahi baik untuk berkebun ataupun wisata.


Ekosistem dan Sumberdaya Hayati

Penutupan karang hidup pada lokasi pengamatan barat Pulau Panjang sebesar 70,4%; pada bagian utara sebesar 56,16%. Menurut Kep.Men.LH no.4 tahun 2001 lokasi pengamatan di Pulau Panjang termasuk dalam kriteria baik. Penutupan abiotik ditemukan di utara Pulau Panjang sebesar 14,14%. Sementara penutupan karang mati pada bagian barat sebesar 18,96% dan bagian utara sebesar 21,78%. Pada kategori alga ditemukan Halimeda dan Padina. Di bagian utara Pulau Panjang cukup banyak ditemukan patahan karang.

Pulau Panjang merupakan bagian dari daerah Bangka Tengah yang memiliki karekteristik lingkungan dikelilingi oleh pantai berpasir dengan rataan terumbu sangat luas. Pulau Panjang yang terletak di sebelah Pulau Semujur memiliki padang lamun yang lebih luas. Lima jenis lamun ditemukan di Pulau Panjang, yaitu Cymodocea rotundata, Cymodocea serrulata, Enhalus acoroides, Halodule pinifolia, serta Halophila ovalis.

Pulau Panjang memiliki mangrove yang cukup tebal mengelilingi setiap sisi pulau.  Menurut nelayan setempat yang dulu pernah tinggal di Pulau Panjang, mangrove di pulau ini tebalnya hingga mencapai 200 m.  Jenis mangrove yang ada di pulau ini ada tiga, yaitu Rhizopora apiculata, Rhizopora mucronata, serta Sonneratia alba.


Sumberdaya Non Hayati


Aktivitas Pengelolaan Sumberdaya


Lingkungan


Sarana dan Prasarana


Peluang Investasi


Potensi dan Arahan Pengembangan


Kendala Pengembangan


Referensi



Karena keterbatasan SDM dalam penginputan dan pengolahan data, kami mohon maaf atas ketidak lengkapan beberapa data pulau yang kami tampilkan, harap dimaklumi. Berikan keritik dan saran pada kolom komentar agar kita dapat bersama menyajikan sebuah data yang cukup sempurna untuk halayak ramai yang berguna demi kesejahterahan, kelestarian dan keindahan pulau-pulau kecil yang dimiliki Indonesia.
*Jika sekiranya anda memiliki data yang cukup banyak, silakan mengirimkan file melalui email kami di identifikasippk@gmail.com