MENU

Lihat Informasi:

KOMENTAR

PIEH

Nama Lain :
Propinsi : SUMATERA BARAT
Kabupaten : KABUPATEN PADANG PARIAMAN
Kecamatan : ULAKAN TAPAKIS
Koordinat :

Gambaran Umum

Pulau Pieh merupakan salah satu pulau yang termasuk dalam administrasi Kecamatan Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman dengan koordinat terletak pada 00°52'27" LS dan 100°06'01" BT. Pulau Pieh memiliki luas sebesar 10,7 hektar dengan rincian 9,0 hektar daratan yang ditutupi oleh vegetasi dan 1,7 hektar hamparan pasir, keliling pulau ini adalah 1,210 meter. Hamparan karang yang mengelilingi pulau ini diperkirakan seluas 27,01 hektar. Jarak terdekat ke daratan Pulau sumatera (garis lurus) adalah 26,370 meter.

Kelapa, nipah, sukun, ketapang, mengkudu, paku, bintangur laut, dan semak belukar adalah vegetasi yang ditemui di daratan pulau Pieh. Ditengah pulau terdapat rawa yang dipengaruhi oleh pasang surut air laut. Rawa ini dipenuhi oleh tumbuhan nipah. 

Terbentuknya Kawasan

Diawali dengan keluarnya rekomendasi Gubernur Sumatera Barat melalui surat No. 521/2587/GSB/1994 tanggal 21 November 1994 tentang usulan Penetapan Kawasan Konservasi Laut Pieh yang kemudian ditindaklanjuti dengan kegiatan survey dan penelitian oleh BKSDA yang bekerja sama dengan Universitas Bung Hatta pada tahun 1997. 

Hasil survey menunjukan bahwa kondisi tutupan terumbu karang cukup baik, keanekaragaman tinggi, dan potensi wilayah yang cukup baik. Kemudian, dari hasil pelaksanaan survey tersebut diterbitkan keputusan Menteri Kehutanan yang dituangkan dalam SK No. 070/Kpts-II/2000 Tanggal 18 Maret 2000 tentang status pulau Pieh sebagai Taman Wisata Alam Laut (TWAL) dengan luas 39.900 Ha yang diserahkan langsung ke Balai Konservasi Sumberdaya Alam. Penentu status tersebut berdasarkan kriteria penentuan kawasan konservasi laut yang memiliki keanekaragaman biota laut dan lingkungan yang memungkinkan untuk dikembangkan sebagai objek wisata. Kawasan ini terdiri dari beberapa pulau diantaranya: Pulau Pieh, Pulau Bando, Pulau Pandan, Pualau Air, dan Pulau Toran.

Saat ini pengelolaan pulau Pieh dan perairan di sekitarnya telah diserahkan kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan sesuai dengan berita acara serah terima No.: BA.01/Menhut-IV/2009 dan No: BA.108/MEN.KP/II/2009 pada tanggal 4 Maret 2009 tentang Penetapan Kawasan Konservasi Perairan Nasional Taman Wisata Perairan Pulau Pieh dan Laut di sekitarnya.


Kependudukan, Sosial Budaya dan Kelembagaan

Pulau Pieh merupakan pulau yang tidak berpenduduk. Secara adat, yang diakui oleh masyarakat secara turun temurun, pulau Pieh ini ada pemiliknya. Oleh pemiliknya, pemanfaatan pulau ini dilakukan dengan berkebun kelapa.


Ekosistem dan Sumberdaya Hayati


Sumberdaya Non Hayati


Aktivitas Pengelolaan Sumberdaya


Lingkungan

Pulau Pieh dikelilingi hamparan pasir putih yang bersih dan merupakan tempat penyu bertelur. Kondisi perairan di sekitar pulau Pieh juga merupakan perairan yang jernih dengan tingkat kecerahan bisa mencapai lebih dari 20 meter. Di sekeliling pulau yang ditutupi oleh hamparan terumbu karang, tingkat kecerahannya mencapai dasar perairan. Sayangnya kondisi terumbu karang yang mengelilingi pulau Pieh telah mengalami kerusakan. Kerusakan yang terjadi disebabkan aktivitas penangkapan ikan oleh manusia yang menggunakan bahan peledak.

Meskipun tutupan karang hidupnya rendah, namun dibeberapa titik ditemukan pertumbuhan terumbu karang (recovery). Hal lain yang cukup menarik adalah topografi perairannya yang membentuk dinding (wall) dengan kemiringan mencapai 900. Andaikan dinding ini dipenuhi oleh tutupan terumbu karang yang masih hidup, tentu akan menjadi pemandangan yang luar biasa dan tak kalah dengan pemandangan yang ada di taman laut Bunaken, Sulawesi Utara. Belum lagi ikan-ikan yang cukup banyak berseliweran di perairan ini. Tak perlu dengan diving, dengan snorkeling-pun bisa menikmati pemandangan ikan-ikan ini.


Sarana dan Prasarana


Peluang Investasi


Potensi dan Arahan Pengembangan


Kendala Pengembangan


Referensi

Direktori Pulau-pulau di Sumatera Barat, Dit. Pendayagunaan PPK, Ditjen KP3K, KKP

Taman Wisata Perairan Pulau Pieh dan Laut di Sekitarnta, Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional, Ditjen KP3K, KKP



Karena keterbatasan SDM dalam penginputan dan pengolahan data, kami mohon maaf atas ketidak lengkapan beberapa data pulau yang kami tampilkan, harap dimaklumi. Berikan keritik dan saran pada kolom komentar agar kita dapat bersama menyajikan sebuah data yang cukup sempurna untuk halayak ramai yang berguna demi kesejahterahan, kelestarian dan keindahan pulau-pulau kecil yang dimiliki Indonesia.
*Jika sekiranya anda memiliki data yang cukup banyak, silakan mengirimkan file melalui email kami di identifikasippk@gmail.com