MENU

Lihat Informasi:

KOMENTAR

Bawah

Nama Lain :
Propinsi : KEPULAUAN RIAU
Kabupaten : KABUPATEN KEPULAUAN ANAMBAS
Kecamatan :
Koordinat : 02o 31’ 05” LU 106o 02’ 48” BT

Gambaran Umum

Pulau Bawah Secara administrasi, Pulau Bawah termasuk wilayah Desa Kiabu, Kecamatan Siantan Selatan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau dengan koordinat geografis berada di posisi  02o 31’ 05” LU 106o 02’ 48” BT. Pulau tersebut merupakan gugusan pulau di Kepulauan Anambas terdiri atas lima pulau, yakni Bawah, Sanggah, Murbah, Lidi, dan Elang. Formasi kelima pulau itulah yang membentuk laguna, sebut saja Laguna Pulau Bawah. Luas keseluruhan pulau sekitar 99.379 Ha.

Aksesibilitas menuju pulau ini dapat ditempuh dengan  menggunakan speedboat dari Tarempa (ibu kota Kepulauan Anambas) selama lebih kurang 4 jam dengan kecepatan 15 knot.

Tofografi Pulau Bawah berupa bukit dan memiliki tipe pantai berpasir putih.  Pulau ini belum memiliki status kawasan dan direncanakan sebagai kawasan wisata bahari, dimana status pulau dimiliki oleh pemerintahan daerah kabupaten Kepulauan Anambas.

 


Kependudukan, Sosial Budaya dan Kelembagaan

Pulau Bawah merupakan salah satu pulau yang berada di kabupaten Kepulauan Anambas yang tidak berpenduduk. Hanya dihuni oleh beberapa orang penjaga dari PT. Nicoy dan PT . Pulau Bawah untuk melayani wisatawan yang datang.


Ekosistem dan Sumberdaya Hayati

a. Terumbu Karang

Persentase penutupan karang hidup di sekitar Pulau Bawah berkisar antara 22,3 % -  79 % yang terdiri dari karang keras dan karang lunak. Sedangkan patahan karang (rubble) berkisar antara 43,24 % - 48,6 %. Selain itu, terdapat juga  karang mati yang ditumbuhi oleh alga (dead coral with algae) sebesar 43,24%.

b. Ikan Karang

Ikan karang yang ditemukan sebanyak 18 famili yang terdiri dari Famili Acanthuridae, Apogonidae, Balistidae, Carangidae, Centriscidae, Chaetodontidae, Ephiphidae, Haemulidae, Holocentridae, Labridae, Lutjanidae, Nemipteridae, Pomacanthidae, Pomacentridae, Scaridae, Serranidae, Siganidae, dan Zanclidae. Kelimpahan ikan karang berdasarkan famili adalah sebagai berikut : Pomacentridae sebesar 52.240 ind/ha, Scaridae 3.200 ind/ha, Labridae 2.320 ind/ha dan famili lainnya kurang dari 1000 ind/ha. Sedangkan kelimpahan spesies ikan yang paling banyak adalah Pomacentrus lepidogenys sebesar 16.160 ind/ha.

c. Vegetasi Pantai

Vegetasi pantai Pulau Bawah banyak ditumbuhi oleh tanaman keras seperti Kruing (Dipterocarpus kunstleri King), kelapa (Cocos nucifera), Ketapang (Terminalia catapa), Waru Laut (Hibiscus tiliaceus), Pandan Laut (Pandanus tectorius), Santigi (Phempis acidula).

 


Sumberdaya Non Hayati

Belum ada data mengenai Sumberdaya Non Hayati Pesisir di Pulau Bawah.


Aktivitas Pengelolaan Sumberdaya

Sampai saat ini aktivitas pengelolaan yang dilakukan di Pulau Bawah adalah kegiatan pariwisata yakni berupa wisata bahari seperti snorkeling dan diving.


Lingkungan

Kondisi lingkungan perairan laut Pulau Bawah masih sangat baik untuk kehidupan biota laut, dimana nilai suhu, salinitas, pH dan DO masih mendukung kehidupan terumbu karang.

 


Sarana dan Prasarana

Pulau Bawah merupakan pulau tanpa penduduk, sehingga sarana dan prasarana sangat terbatas. Beberapa sarana yang ada di pulau ini adalah :


Peluang Investasi

Kegaiatan investasi yang dapat dilakukan adalah wisata bahari, Sejauh ini sudah ada 2 (dua) calon investor  dari Singapura dan Malaysia yang berminat mengembangkan kawasan Pulau Bawah sebagai kawasan wisata bahari.


Potensi dan Arahan Pengembangan

Gugusan pulau bawah memiliki potensi yang dapat dikembangkan sebagai kawasan wisata bahari (selam dan snorkeling) dan wisata alam. Hal ini didukung oleh keindahan terumbu karang dan biota laut, keindahan alam daratan serta letaknya yang sangat strategis (dekat dengan Singapur dan Malaysia).


Kendala Pengembangan

Kendala pengembangan di Pulau Jemur adalah:


Referensi



Karena keterbatasan SDM dalam penginputan dan pengolahan data, kami mohon maaf atas ketidak lengkapan beberapa data pulau yang kami tampilkan, harap dimaklumi. Berikan keritik dan saran pada kolom komentar agar kita dapat bersama menyajikan sebuah data yang cukup sempurna untuk halayak ramai yang berguna demi kesejahterahan, kelestarian dan keindahan pulau-pulau kecil yang dimiliki Indonesia.
*Jika sekiranya anda memiliki data yang cukup banyak, silakan mengirimkan file melalui email kami di identifikasippk@gmail.com