s -- Direktorat Jenderal Kelautan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil, Kementerian Kelautan dan Perikanan --
Mina Wisata
23-07-2013 , Oleh : Angga Pino, Pembaca : 1998 Orang

Minawisata adalah pemanfaatan kawasan wisata dengan pengembangan produksi perikanan untuk mencapai ketertarikan masyarakat pengguna akan pengembangan perikanan pada kawasan wisata tersebut. Dengan kata lain, Minawisata adalah pengembangan kegiatan perekonomian masyarakat dan wilayah yang berbasis pada pemanfaatan potensi sumberdaya kelautan, perikanan dan pariwisata secara terintegrasi pada suatu wilayah tertentu. Pada tahap awal, Minawisata pulau-pulau kecil dikemas dalam bentuk satu program pemberdayaan masyarakat pulau-pulau kecil melalui pendayagunaan potensi sumberdaya perikanan dan pariwisata berdasarkan prinsip -prinsip pembangunan berkelanjutan. Prinsip-prinsip tersebut yaitu; emisi karbon yang rendah, ramah lingkungan, sesuai daya dukung dan daya tampung, konservasi (penggunaan sumberdaya secara efisien), berbasis sumberdaya lokal, dan pelibatan stakeholders lokal terkait.

Konsepsi Minawisata Pulau-Pulau Kecil
Pulau kecil didefinisikan sebagai pulau dengan luas area kurang dari atau sama dengan 2.000 km2   (UU no 27 tahun 2007). Adapun  gugusan  pulau-pulau  kecil adalah kumpulan pulau-pulau yang secara fungsional saling berinteraksi dari sisi ekologis, ekonomi, sosial dan budaya (Departemen Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, 2001). Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perikanan, disebutkan bahwa Perikanan adalah semua kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan dan pemanfaatan  sumber  daya  ikan  dan  lingkungannya  mulai  dari  praproduksi,  produksi, pengolahan sampai dengan pemasaran yang dilaksanakan dalam suatu system bisnis perikanan. Dalam sistem bisnis perikanan, seringkali digunakan kata Mina untuk menggantikan kata Perikanan yang pada hakekatnya mengandung pengertian yang sama dengan kata perikanan itu sendiri. Pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya perikanan pada dasarnya memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama masyarakat nelayan dan juga masyarakat lainnya yang hidup di wilayah pesisir. Wisata merupakan satu bentuk pemanfaatan sumberdaya alam yang mengandalkan jasa alam untuk kepuasan manusia.

Prinsip Minawisata Pulau-Pulau Kecil

Suatu konsep pengembangan minawisata hendaknya dilandasi pada prinsip dasar ekowisata yang meliputi:
- Mencegah dan menanggulangi dampak dari aktivitas wisatawan terhadap alam dan budaya, pencegahan dan 
  penanggulangan disesuaikan dengan sifat dan karakter alam dan budaya setempat.
- Pendidikan konservasi  lingkungan;  mendidik pengunjung  dan  masyarakat  sekitar akan pentingnya konservasi.
- Pendapatan langsung untuk kawasan; restribusi atau pajak konservasi (conservation tax) dapat digunakan untuk
  pengelolaan kawasan konservasi.
- Partisipasi masyarakat dalam perencanaan; merangsang masyarakat agar terlibat dalam perencanaan dan
  pengawasan kawasan.
- Penghasilan bagi masyarakat; masyarakat mendapat keuntungan ekonomi sehingga terdorong untuk menjaga
  kelestarian kawasan.
- Menjaga keharmonisan dengan alam; kegiatan dan pengembangan fasilitas tetap mempertahankan keserasian dan
  keaslian alam.
- Daya  dukung  sebagai  batas  pemanfaatan;  daya  tampung  dan  pengembangan fasilitas hendaknya
  mempertimbangkan daya dukung lingkungan.
- Kontribusi pendapatan bagi Negara (pemerintah daerah dan pusat).

Minawisata pulau-pulau kecil adalah konsep yang relatif baru berkembang sehingga masih membutuhkan  penyempurnaan pada banyak aspek sehingga nantinya dapat diimplementasikan dengan baik. Dukungan teknis dan politis tentu diperlukan, demikian pula dengan dukungan regulasi, payung hukum, kajian dan riset baik dari para peneliti, akademisi maupun praktisi dan lembaga swadaya masyarakat. Tidak kalah penting adalah dukungan pihak swasta/dunia usaha sebagai calon investor.  Selain itu, juga diperlukan kerjasama yang sinergis dengan stakeholders terkait, seperti Gahawisri, BKPM, dan DMO (Destination Management Organization), yaitu Tata kelola destinasi wisata yang baik yang diinisiasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, khususnya cluster wisata bahari.

Berikut adalah pulau-pulau kecil yang memiliki peluang untuk pengembangan investasi:

- Peluang Investasi di Gugusan Pulau Kei Kecil

- Gili Kondo, Pesona Baru Di Lombok Timur

- Pulau Penjalin Besar & Kecil, Keindahan Dua Pulau Tropis Eksotis di Kepulauan Anambas

- Pulau Maratua, Surganya Para Penyelam Dunia

Info Direktorat PPK

MoU