s -- Direktorat Jenderal Kelautan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil, Kementerian Kelautan dan Perikanan --
Indonesia Butuh Peta Kartografi Lengkap
22-04-2013 , Oleh : Administrator, Pembaca : 983 Orang

Penting bagi Indonesia memiliki peta kartografi yang kredibel dan secara mendetil mencantumkan semua nama pulau Indonesia.

"Pekerjaan rumah pertama bagi KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) adalah membuat peta kartografi yang kredibel serta mencantumkan secara persis di mana pulau-pulau Indonesia berada," kata pakar lingkungan hidup Emil Salim dalam diskusi Pendayagunaan Pulau-Pulau Kecil di KKP, Jakarta, Kamis (31/1).

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden itu menyatakan negara-negara kepulauan seperti Indonesia adalah negara yang dinilai paling terancam oleh perubahan iklim. akibat perubahan iklim bisa mengakibatkan peninggian permukaan air laut sehingga berpotensi menenggelamkan pulau-pulau di Indonesia.

Selain itu, Ia mengingatkan bahwa Indonesia terletak di bawah lempeng-lempeng tektonik yang saling mempengaruhi dan menghasilkan gempa. Posisi tersebut berpotensi mengakibatkan pergeseran perbatasan dan berpotensi konflik dengan negara tetangga.

"Potensi konfilk itu harus dicegah dengan perbincangan rasional ilmiah antara negara-negara yang terkait, seperti antara Indonesia dengan Filipina dan Indonesia dengan Papua Nugini," katanya.

Penting juga menurut Emil pulau-pulau di Indonesia yang mencapai 13.466 untuk memiliki nama yang teregistrasi. Kemudian diakui oleh negara-negara internasional. Tujuannya agar tidak menimbulkan permasalahan baru.

Pemberian nama juga harus berhati-hati agar tidak ganda. Apalagi jika dipakai di negara lain dan keliru dalam menanganinya bisa berpotensi menjadi konflik.

Sebelumnya, Dirjen Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil KKP Sudirman Saad dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (25/1) mengatakan, terdapat sekitar 15 pulau yang memiliki kesamaan nama dengan pulau-pulau lainnya di Singapura dan Malaysia, contohnya nama Pulau Jemur dan Pulau Semakau.

Info Direktorat PPK

MoU