s -- Direktorat Jenderal Kelautan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil, Kementerian Kelautan dan Perikanan --
Kegiatan Fasilitasi Rehabilitasi dan Peningkatan Kualitas Lingkungan Pulau-Pulau Kecil di Pulau Nangka Kab. Bangka Tengah, Prov. Bangka Belitung
26-06-2014 , Oleh : administrator, Pembaca : 299 Orang

Sebagai salah satu wujud konsentrasi Direktorat Pendayagunaan Pulau-Pulau Kecil (Dit. PPK) Ditjen Kelautan, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil, Kementerian Kelautan dan Perikanan di bidang pengelolaan ekosistem, pada tanggal 13-14 Mei 2014 telah dilaksanakan Kegiatan Fasilitasi Rehabilitasi dan Peningkatan Kualitas Lingkungan Pulau-Pulau Kecil di Pulau Nangka Kab. Bangka Tengah, Prov. Bangka Belitung.

Kegiatan dibuka secara resmi pada tanggal 13 Mei 2014 oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan yang dalam hal ini diwakilkan oleh Taufik, SP selaku Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan serta dihadiri oleh 50 orang peserta yang terdiri dari masyarakat pulau kecil dan beberapa Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) lingkup pemerintahan Kabupaten Bangka Tengah, dan lingkup Kecamatan Sungai Selan.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari pertama mencakup kegiatan bimbingan teknis (penyadaran masyarakat tentang pengelolaan ekosistem yang berkelanjutan di pulau-pulau kecil) dan praktek keterampilan pengolahan sumberdaya lokal sebagai sumber mata pencaharian alternatif. Adapun narasumber yang terlibat antara lain Ibu Nurlian Ilyas, M.Si (Kasi Mitigasi dan Adaptasi, Dit. PPK) menyampaikan materi mengenai Pengenalan dan Pemanfaatan Sumberdaya Pulau-Pulau Kecil yang ramah lingkungan dan berkelanjutan; Bapak Deddi Agusta, ST (Kasi Mitigasi Bencana Geologi/Inspektur Tambang) menyampaikan materi mengenai Pengenalan Penambangan di Pulau-pulau Kecil yang ramah lingkungan; Ir. Joko Purnomo (Dosen Institut Pertanian Bogor) menyampaikan materi mengenai Pengembangan Mata Pencaharian Alternatif berbasis Sumberdaya Lokal melalui pengolahan Ubi menjadi Kue Kelepon dan Kue Lumpur serta Pengolahan Kelapa menjadi Sagon; serta Ibu Ika Purwandari, S.Kes (Kementerian Kesehatan) yang menyampaikan  materi tentang Pengelolaan Sanitasi Lingkungan, Kesehatan Masyarakat dan Penanganan Penyakit di pulau-pulau kecil.

Pada hari kedua, tanggal 14 Mei 2014 dilaksanakan kegiatan lapangan berupa aksi bersih sampah, tempat pemandian umum dan beberapa MCK umum di pulau nangka, serta kegiatan pelepasan Tukik (anak Penyu) yang diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari 50 peserta bimbingan teknis dan 50 peserta dari masyarakat pulau Nangka.

Melalui pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat Pulau Nangka dalam menjaga kelestarian ekosistem pulau sebagai tempat tinggalnya.

 

Info Direktorat PPK

MoU