s -- Direktorat Jenderal Kelautan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil, Kementerian Kelautan dan Perikanan --
Peluang Investasi di Gugusan Pulau Kei Kecil
15-07-2013 , Oleh : Administrator, Pembaca : 823 Orang
Gugusan Pulau Kei Kecil terletak di sebelah selatan jazirah “kepala burung” Papua Barat, di sebelah barat Kepulauan Aru, serta di sebelah timur Laut Banda dan sebelah Timur laut Kepulauan Tanibar. Gugusan pulau Kei Kecil terdiri dari 98 pulau. Dari total luas gugusan pulau Kei Kecil yang mencapai 3.468 km2, luas daratannya hanya 20 persen dan sisanya adalah laut.
 
 
Gugusan Pulau Kei Kecil adalah mutiara eksotik yang terlupakan di Provinsi Maluku. Gugusan pulau dengan keindahan spektakuler dari udara ini, belum banyak dikenal wistawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia, bahkan oleh orang Indonesia sendiri. Namun, bagi para wisatawan mancanegara dan domestik yang pernah mengunjungi gugusan Pulau Kei kecil, mereka selalu mengatakan hal yang sama. “Ternyata di Indonesia terdapat gugusan pulau surga yang lebih indah dan impresif dengan pasir putih yang halus dibandingkan tempat manapun di Dunia
 
 
Gugusan Pulau Kei Kecil memiliki pesona pantai pasir putih yang eksotik. Salah satu pantai yang memiliki pesona pantai pasir putih yang luar biasa adalah pantai Ngubloat, yang terletak di Desa Ngilngof di bagian barat pulau Kei Kecil, sekitar 20 Km dari Tual.
 
 
Pantai Ngubloat menjadi tempat yang sangat mengasyikkan untuk menikmati proses matahari tenggelam (sunset). Saat matahari beranjak tenggelam dan semua benda-benda yang terkena sinar matahari berubah warna menjadi pantai paling indah dan romantis dibandingkan dengan latar depan pulau-pulau di dunia.
 
Kepulauan Kei, termasuk gugusan pulau Kei Kecil, tidak menghasilkan rempah-rempah yang memiliki nilai ekonomi tinggi seperti Ambon, Banda atau pulau-pulau lainnya di Kepulaun Maluku, sehingga luput dari perhatian pedagang dan kolonialis barat. Namun, mereka lupa, bahwa gugusan pulau-pulau kecil di Kepulauan Kei memiliki panorama yang indah, serta dianugerahi terumbu karang, ikan serta biota laut lainnya yang berlimpah.
 
    
 
Akses transportasi ke gugusan pulau Kei Kecil relatif mudah, dapat melalui udara maupun melalui transportasi laut. Jalur udara dengan rute Jakarta-Ambon-Kota Tual memakan waktu tempuh sekitar lima jam. Adapun jalur laut melalui rute Jakarta-Ambon-Tual.
 
Fasilitas yang ada diantaranya hotel bintang tiga yang terletak di Pulau Kei Dullah, beberapa café atau bar, toko kerajinan. Sarana transportasi antar pulau masih dilakukan dengan armada-armada yang bersifat lokal, seperti perahu motor yang kapasitasnya sangat terbatas. Keberadaan pelabuhan penumpang feri di Tual sangat menunjang mobilitas penduduk di sana.
Info Direktorat PPK

MoU