s -- Direktorat Jenderal Kelautan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil, Kementerian Kelautan dan Perikanan --
PULAU MARATUA, Surganya Para Penyelam Dunia
25-07-2013 , Oleh : Administrator, Pembaca : 1553 Orang

Pulau Maratua terletak di Laut Sulawesi dan secara administratif berada di Kecamatan Maratua, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Pulau dengan luas daratan 384,36 km2 ini juga termasuk kedalam salah satu pulau-pulau kecil terluar di Indonesia dan berbatasan dengan Negara Malaysia. Jumlah penduduk pada tahun 2004 sebesar 2.818 jiwa, sebagian besar penduduk berasal dari Suku Bajau, dengan mayoritas beragama Islam. Ekosistem daratan dan bawah lautnya sudah tidak diragukan lagi, terbukti Pangeran William dan Kate Middleton pernah berlibur di Pulau cantik ini. Pulau Maratua memberikan suasana yang tenang dan privat bagi pengunjungnya, Terutama untuk anda yang sedang berbulan madu. Terdapat 3 Dive resort yang dapat anda sewa untuk menghabiskan liburan di pulau, yakni Maratua Paradise, Nabucco Nunukan Island Resort dan Nabucco Island Resort. Bagi anda pencinta diving, Pulau Maratua memiliki 22 titik penyelaman utama, diantaranya Turtle Bay, Big Fish Country, Leo Point, Gorgonzola, Fantasi Wall, Fusilier Aley, Pandoga point dan Light House yang akan membuat anda berdecak kagum.

 
Formasi terumbu karang yang terdapat di Pulau Maratua secara umum termasuk dalam golongan karang cincin (atoll) dengan luasan ± 69.000 Ha, mengelilingi laguna seluas ± 25.000 Ha. Salah satu aktivitas menarik yang dapat anda lakukan adalah berenang dengan penyu di perairan terbuka. Tentunya hal ini jarang ditemui di tempat wisata lainnya. Berbagai macam hewan endemik dapat dijumpai di Pulau Maratua seperti Kepiting kenari, manta dan ubur-ubur terbalik.
 
Pulau Maratua merupakan jalur migrasi ikan paus khususnya hiu paus totol, paus kepala melon, paus pilot, lumba-lumba berputar yang merupakan satwa dilindungi. Menjelajahi hutan kapur yang alami merupakan cara lain untuk menikmati liburan anda.
 
Pulau Maratua dapat dijangkau dengan beberapa sarana transportasi. Awal perjalanan dimulai dari Kota Balikpapan, salah satu pintu gerbang utama untuk mencapai wilayah Kalimantan Timur. Dari Balikpapan menujukota Tanjung Redep, Kabupaten Berau dengan pesawat selama 1 jam, kemudian dilanjutkan dengan kapal/speed boat yang sudah tersedia ke Pulau Maratua dengan lama perjalanan sekitar 2-3 jam. Jalur laut menjadi sarana penghubung paling penting di Pulau Maratua untuk mobilitas penduduk ketempat lain. Jalan darat antar Desa hanya bisa menghubungkan Desa Bohe Silian, Payung-payung dan Teluk Harapan.
Info Direktorat PPK

MoU