s -- Direktorat Jenderal Kelautan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil, Kementerian Kelautan dan Perikanan --
PULAU PENJALIN BESAR & KECIL
23-07-2013 , Oleh : Angga Pino, Pembaca : 865 Orang

Keindahan Dua Pulau Tropis Eksotis di Kepulauan Anambas

Pulau Penjalin Besar dan kecil adalah salah satu surga di Kabupaten Anambas. Seperti kebanyakan pulau di Kabupaten Kepulauan Anambas, kedua pulau ini tidak berpenduduk. Letak kedua pulau ini berdekatan ke arah Timur Laut Kota Tarempa, untuk mencapainya dapat menggunakan speedboat dengan jarak tempuh sekitar 75 menit. Pemandangan sepanjang perjalanan demikian indah karena melewati beberapa pulau-pulau kecil dan gosong. Sementara laut yang dilewati demikian jernih sehingga terlihat berbagai jenis terumbu karang serta ikan yang berwarna-warni.
 
Dari arah Kota Tarempa, Pulau Penjalin Besar akan lebih dulu terjangkau. Beberapa saat sebelum sampai, cobalah mengelilingi pulau yang memiliki luas 1,5529 Km2 dan sangat indah ini. Bagian Timur terdiri dari pantai pasir putih yang terlihat memanjang dan sangat halus. Sementara bagian lainnya terdiri dari bebatuan yang tersusun mengelilingi pulau. Perairan sekitar bebatuan ini cukup dalam dan kaya akan jenis-jenis ikan karang dan ikan pelagis, hingga kerap digunakan untuk lokasi memancing.
 
Disisi Barat, terdapat pantai pasir putih dan indah. Pulau ini dikelilingi oleh beberapa pulau kecil tidak berpenduduk, sangat elok dan masih alami, salah satunya adalah Pulau penjalin Kecil. Beberapa nelayan menamai Pulau Penjalin Besar dan Kecil ini dengan sebutan Gugus Pulau Tujuh. Karena terdiri dari tujuh pulau yang berdekatan. Selain memiliki pantai dengan bebatuan yang tersusun dan pasir putih yang terhampar indah, di bagian tengah pulau menjulang bukit kecil yang sangat menantang untuk didaki.
 
Pulau Penjalin Kecil bersebelahan dengan Pulau penjalin Besar. Pulau Yang luasnya 0,8467 Km2 ini tidak mempunyai dermaga sehingga untuk merapat speedboat harus memperhitungkan tinggi permukaan air. Sebagian besar daratan Pulau Penjalin Kecil merupakan batu alam yang tersusun dengan sangat abstrak. Bentuk dan ukurannya sangat bervariasi sehingga menjadi salah satu daya tarik wisata.
Info Direktorat PPK

MoU