s -- Direktorat Jenderal Kelautan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil, Kementerian Kelautan dan Perikanan --
Sinkronisasi Program Adopsi Pulau
26-06-2014 , Oleh : administrator, Pembaca : 578 Orang

Dalam rangka sinergisasi kerjasama kemitraan dalam mendukung pendayagunaan pulau-pulau kecil melalui program adopsi pulau oleh Direktorat Jenderal Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (Ditjen KP3K) dengan mitra kerjasama, telah dilaksanakan kegiatan Sinkronisasi Program Adopsi Pulau oleh Direktorat Pendayagunaan Pulau-Pulau Kecil pada tanggal 28 November 2013 bertempat di Hotel Morrissey Jakarta.

Acara dibuka oleh Kasubdit Pengelolaan Ekosistem PPK dan dilanjutkan pemaparan tentang perkembangan implementasi program adopsi pulau yang telah dilaksanakan oleh peserta dari 7 perguruan tinggi/lembaga pengadopsi yang telah menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan Ditjen KP3K diantaranya  Universitas Hasanuddin, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Surabaya, Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Yayasan Kalpatma, Kodam II Sriwijaya, perwakilan kementerian/lembaga, BUMN, Swasta, NGO, Lembaga Donor, Eselon II lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Fokus utama program adopsi pulau adalah pemberdayaan masyarakat namun tidak menutup kemungkinan pembangunan dan perbaikan fasilitas umum. Pengadopsi dapat menggunakan anggarannya atau inkind untuk membangun atau melaksanakan kegiatannya di PPK dengan tetap memenuhi peraturan dan kebijakan pemerintah yang telah ditetapkan seperti rencana zonasi dan tata ruang yang sudah disepakati.

Melalui kegiatan sinkronisasi ini diharapkan dapat terhimpunnya masukan dan dapat mensinergikan program pendayagunaan pulau-pulau kecil termasuk PPKT, serta  dapat menggalang partisipasi stakeholder dalam mengakselerasi pembangunan PPK.

Untuk langkah kedepannya, Ditjen KP3K akan mengesahkan pedoman teknis adopsi pulau sebagai acuan implemetasi kerjasama kemitraan melalui implementasi program adopsi pulau secara terpadu.

Info Direktorat PPK

MoU